DI
SUSUN OLEH
NAMA : MUHAMMAD IQBAL
NPM : 14057201
JURUSAN : SISTEM INFORMASI
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 3
PEMBAHASAN
·
Pengertian e-marketing 4
·
Lingkungan Pemasaran 4
·
Strategi Pemasaran 5
·
Manfaat E-marketing 6
·
Kekurangan E-marketing
7
DAFTAR PUSAKA
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “e-marketing”, yang mana
makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas uas pengantar ilmu ekonomi.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh
karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua
pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat
menambah pengetahuan pembaca.
Demikian
makalah ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang berkenan dan
banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesarbesarnya.
JAKARTA, 05 JULI 2015
Muhammad
Iqbal
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
E-MARKETING
Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris:
Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya
yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau
menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini
berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan
secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi
Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya:
e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala
hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini
tidak benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di
Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan
yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.
B. LINGKUNGAN
PEMASARAN
Kegiatan
pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan
dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli
dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa.
Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk
digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan
menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
·
Mesin pencari
·
Surat elektronik
·
Afiliasi
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi
banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan
berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang
berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.
C. Strategi e-marketing
Berikut adalah beberapa strategi marketing yang
biasa di gunakan dalam melakukan e-marketing :
• Banner Advertisement (iklan melalui banner)
Adalah file grafis (dengan beberapa ukuran yang di
beri satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner
digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja
harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli yang akan
membeli produk anda.
• Sponsorship
Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk
memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.
• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi)
Seperti halnya pada klasifikasi di surat kabar,
klasifikasi online ini merupakan cara yang sangat baik untuk memasang bisnis anda di depan
orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi
online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan
cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data. Tidak hanya
itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti dihttp://www.ebay.com.
• Email Marketing (pemasaran melalui email)
Pada email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara,
yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email
newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari
perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah caran
yang sangat dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda.
Cara kedua adalah, dengan secara langsung
mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran
biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang
ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan
keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Tapi ingat, anda tidak boleh
melakukan spam. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber
pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber
melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel
maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email
notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed
burner.
• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran
metode afiliasi)
Para pengiklan yang menjual produknya secara online
dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan
produk. Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalahhttp://www.amazon.com.
• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan
mesin pencari)
Hampir semua pengguna internet mencari informasi
melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak
tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs
mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali
publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang anda
lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di mesin-mesin
pencari tersebut.
Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa
situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang
tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks
pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization.
Contontohnya adalah jika anda mengetikkan kata “Pengusaha Online” pada google
maka blog ini (pengusahaonline.net) akan
menempati urutan pertama. Atau paling tidak berapada pada halaman pertama.
• Social Networking (metode pemasarang menggunakan
situs jejaring sosial)
Beberapa situs social networking seperti Facebook,
Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai
senjata eMarketing anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan
menyertakan audio atau video klip antara lain:
D.
Manfaat E-MARKETING
a)
Tidak terbatas dengan waktu karena bisa
diakses 24 jam.
b)
Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai
ke manca negara.
c)
Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu
membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan
sebagainya.
d)
Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin
hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan
ruang diskusi chatting atau email
e) Strategi
pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.
E. Kekurangan
E-marketing
1. Koneksi Internet yang Mahal.
2. Biaya yang tidak murah.
3. Kurva pembelajaran lama, lebih banyak
mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
4. Awal-awal tahun akan makan banyak waktu
daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.
Berikut ini
adalah beberapa contoh web yang menerapkan e-marketing :
1. http://LAZADA.CO.ID
2. http://BLIBLI.COM/
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Berikan komentar apabila Kurang mengerti dengan artikel yang terdapat di atas.. Terima Kasih atas Kunjungannya :D have fun! by muhammad iqbal